musik perkusi

Selasa, 01 Juni 2010 komentar
Alat Musik Perkusi.


Alat musik perkusi (disebut pula alat musik pukul atau tabuh) adalah alat musik yang menghasilkan suara dengan dipukul, ditabuh, digoyang, digosok, atau tindakan lain yang membuat objek bergetar, baik dengan suatu alat, tongkat, maupun dengan tangan kosong.


Kata ini berasal dari istilah Latin percussio (yang berarti memukul) dan percussus (kata benda yang berarti "pukulan"). Jenis alat musik yang termasuk kategori ini antara lain adalah drum set, marimba, tamborin, dll.


1. Drum



Drum adalah salah satu dari kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul oleh tangan atau sebuah batang (stick). Kadang selain kulit juga digunakan bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis.


Dalam musik pop, rock, dan jazz, "drum" biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut "drummer".




Bass drum tidak terlalu berbeda dengan tom-tom, hanya bass drum mempunyai diameter yang lebih besar, 16", 18", 20", 22", 24" dan bahkan 26" atau lebih. Pada drum set, bass drum dipukul dengan menggunakan pedal dan ditaruh dibawah. Tetapi suara bass drum tidak seperti tom-tom yang bersuara "Dung..." tetapi cenderung bersuara "Dug..." (lebih mati suaranya). Kayu bass drum cenderung lebih tebal untuk menghasilkan suara yang lebih keras.




Sedangkan simbal merupakan alat musik yang telah dimainkan sejak Zaman kuno. Alat musik ini dimainkan dengan memukul. Jenis alat musik seperti itu disebut juga perkusi. Pembuat simbal terkenal dari Turki hingga kini membuat simbal dari campuran logam dengan rumus campuran tetap dan dijaga kerahasiaannya.


2. Xylophone


 Xylophone adalah instrumen sejenis gambang yang terdiri dari bilahan-bilahan (papan) dari kayu. Bilahan-bilahan tersebut tersebut tersusun seperti tuts pada instrumen piano. Dibawah papan terdapat pipa-pipa yang berfungsi untuk sebagai resonansinya.


Cara memainkan xylophone adalah dengan dipukul menggunakan dua buah tongkat yang ujungnya berbentuk bulat (mallet). Bagi seorang pemain xylophone profesional, mallet yang digunakan dapat lebih dari dua.


3. Vibraphone


 Suatu vibraphone adalah "suatu instrumen perkusi memiliki bentuk yang menyerupai xylophone tetapi dengan bilahan metal dan pipa-pipa resonator sebagai sustain nada hingga menghasilkan vibrasi". Cara memainkan instrumen ini adalah dengan memukul bilahan metal menggunakan mallet. Pemain juga dapat menekan pedal sustain, sesuai yang ditunjukkan dari notasi sampai pedal diangkat. Vibrapone ditemukan pada awal abad ke-20 yang dimainkan oleh musisi jazz terkenal seperti Lionel Hampton dan Milt Jackson.


4. Tambourine

Tambourine adalah instrumen yang digunakan sebagai pelengkap dalam instrumen perkusi. Cara memainkan dengan menggoyang ataupun memukulnya dengan tangan. Gambar sebelah kanan adalah tambourine yang biasa digunakan pada musik tradisional arab. Bentuknya menyerupai rebana.

komentar

Poskan Komentar

About

my logo

my logo

My Playlist

Pages

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini