Selasa, 01 Juni 2010 komentar
  1. Pengertian Pagelaran
Pagelaran adalah suatu kegiatan dalam rangka mempertunjukkan karya seni kepada orang lain (masyarakat umum) agar mendapat tanggapan dan penilaian. Pergelaran adalah bentuk komunikasi antara pencipta seni (apresian) dan penikmat seni (apresiator). Dalam arti bahwa, para seniman menciptakan karya seni bertujuan untuk mengaktualisasi seni yang diciptakan, sedangkan bagi penikmat seni dapat menjadi bahan apresiasi.
Kegiatan pagelaran bagi siswa merupakan suatu kegiatan dalam rangka membentuk pengalaman dari kreativitas, kemampuan musikal, tanggungjawab, pengenalan jati diri terutama dalam hal karya seni.
Bentuk pagelaran dapat disajikan secara bermacam-macam. Penyajian pagelaran tunggal disebut solo, penyajian pagelaran sevra berkelompok dapat di sebut ensambel. Dalam ensambel itu sendiri dapat disesuaikan dari jumlah penyaji. Dua orang penyaji dalam pagelaran disebut duet, tiga orang penyaji disebut trio, empat orang penyaji disebut kwartet, lima orang penyaji disebut kwintet dan seterusnya, sedangkan penyaji yang tampil dalam jumlah besar bisa disebut group.
Pagelaran dapat berhasil dengan baik apabila mendapat persiapan yang matang. Untuk dapat mencapai keberhasilan yang optimal maka diperlukan adanya suatu persiapan yang meliputi:
  1. pembentukan panitia
  2. penjadwalan pagelaran
  3. penampilan karya seni kelompok maupun individu
  4. Pembentukan Panitia
Panitia adalah suatu kelompok dalam pengelolaan dan pelaksanaan terhadap bentuk kegiatan. Tujuan pembentukan panitia adalah agar dalam kegiatan terdapat organisasi yang dapat mengkoordinasikan pagelaran dengan efektif dan efisien. Kepanitian dibagi menjadi dua:
  1. Steering Comitee (panitia pengarah) yang berfungsi sebagai pengarahm penasihat, dan pemberi pentujuk kepada kelompok dibawahnya dalam menjalankan tugas. Dalam hal ini bisa dari kepala sekolah, kesiswaan/pembina osis, maupun guru seni musik.
  2. Organizing Comitee (panitia pelaksana) mempunyai tugas melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan secara langsung dilapangan.
Susunan dalam panitia pagelaran meliputi siswa-siswi yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan struktur kepanitiaan yang akan dibentuk. Struktur kepanitiaan secara pagelaran sederhana adalah sebagai berikut:
  1. Ketua Panitia.
Tugas ketua panitia adalah untuk dapat mengkoordinasikan anggota panitia dalam memutuskan segala sesuatu yang dianggap perlu untuk kelangsungan pagelaran, membagi tugas kepada setiap koordinator, memantau kinerja kepanitiaan, serta memiliki wewenang penih terhadap anggota panitia.
2. Wakil ketua
3. Bendahara
Mempunyai tugas mengelola keuangan dalam kepanitiaan baik uang keluar maupun uang masuk atas persetujuan ketua panitia maupun wakilnya.
4. Sekretaris

Koordinator yang mengurusi surat-surat baik formil maupun non formil yang dibutuhkan dalam pagelaran, mencatat hasil dari setiap rapat (membuat notulensi) sampai dengan pembuatan prosposal.
5.Seksi-seksi
  1. Seksi Publikasi, bertugas menyebarkan pemberitaan pagelaran yang akan berlangsung. Pemberitaan dapat berupa brosur, spanduk, pengumuman secara lisan dan lain sebagainya. Serta surat izin dalam mengadakan acara pagelaran.
  2. Seksi Usaha (dana), bertugas mencari sumber dana maupun sponsor yang diperlukan untuk kegiatan pagelaran dan dengan menyebarkan proposal.
  3. Seksi Perlengkapan dan dekorasi, bertugas dalam persiapan panggung dengan penyusunan baik dari segi tempat/ruang tata panggung, menghias panggung, sampai dari alat musik maupun kebutuhan materiil dari pagelaran.
  4. Seksi Acara, bertugas menyusun acara yang akan berlangsung dalam pagelaran dengan penjadwalan yang jelas (rundown), dan dapat juga merangkap sebagai MC (Master of Ceremony).
  5. Seksi Dokumentasi, bertugas mengabadikan acara pagelaran baik dengan menggunakan media foto maupun video dari setiap penampilan dalam pagelaran.
  6. Seksi Konsumsi, bertugas untuk menyusun daftar menu dengan menghitung jumlah yang akan mendapatkan konsumsi, baik untuk tamu undangan, peserta pagelaran maupun panitia pagelaran itu sendiri. (seksi konsumsi dapat ditiadakan karena menyesuaikan bentuk pagelaran)
  7. Menyusun Pagelaran
Sebelum menyusun kegiatan pagelaran, terlebih dahulu adalah menentukan tema. Penentuan tema bisa didasarkan pada jenis peristiwa monumental seperti, ulang tahun sekolah, perpisahan sekolah, dan lain sebagainya.
Karena tema adalah ide dasar pokok pagelaran, maka setidaknya sebelum mengadakan pagelaran,perlu adanya analisa latar belakang terjadinya peristiwa yang dapat diangkat menjadi tema dengan persyaratan sebagai berikut:
  1. Aktual
  2. Singkat dan jelas
  3. Waktunya terbatas

Setelah tema terbentuk, kemudian menyusun proposal yang memiliki banyak fungsi seperti, sumber pencarian dana/sponsor, pemahaman program dan rencana pelaksanaan. Proposal itu sendiri memiliki arti sebagai rencana yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja. Bentuk isi proposal terdiri dari:
  1. Nama kegiatan
  2. Latar belakang, berisi dasar yang digunakan sehingga ide pagelaran muncul.
  3. Dasar Pemikiran, yaitu memuat hal-hal, surat-surat keputusan.
  4. Pelaksanaan, memuat waktu pelaksanaan kegiatan pagelaran meliputi, hari, tanggal, waktu dan tempat.
  5. Pelaksana, yaitu susunan kepanitiaan.
  6. Anggaran, berisi rencana anggaran yang akan digunakan selama pagelaran berlangsung.
  7. Acara, memuat susunan acara yang akan ditampilkan.
  8. Lain-lain, surat-surat yang mendukung pelaksanaan.
  9. Penutup, berisi kata penutupan dari proposal tersebut. Diakhir proposal tunjukkan dengan tanda tangan ketua panitia, sekretaris dan diketahui/ disetujui oleh steering comitee (jika dibawahi satu instansi/institusi).
Karena dalam menggelar sebuah karya musik diperlukan persiapan yang baik, maka dibutuhkan adanya suatu penjadwalan. Susunan penjadwalan kegiatan pagelaran , meliputi hal-hal sebagai berikut:
  1. Menyiapkan pemain yang tampil baik individu maupun kelompok.
  2. Mempersiapkan jenis musik dan lagu yang akan ditampilkan.
  3. mengadakan General Repetion atau gladi bersih.
  4. melakukan checking akhir terhadap kesiapan pagelaran baik dari panitia, pemain serta tempat pagelaran.
  5. membuat draft penampilan atau susunan acara.

Apabila penjadwalan pagelaran telah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menyusun acara pagelaran. Untuk membuat susunan acara pagelaran, harus diketahui dengan jelas tentang:
  1. Waktu pelaksanaan
  2. Para pemain beserta jenis lagu yang akan dibawakan.
  3. Urutan acara dengan penampilan waktu (menit) yang digunakan.
Setelah acara telah selesai disusun, kemudian yang diperlukan sebelum waktu pagelaran adalah menata tempat yang akan digunakan. Penataan ruang melibatkan seksi perlengkapan dan dekorasi bekerja sama dengan anggota-anggota yang lain. Penataan ruang harus memiliki kaidah-kaidah, antara lain sebagai berikut:
  1. Keindahan dan kerapian tempat.
  2. Kenyamanan dan keamanan, baik untuk peserta, panitia, maupun penonton.
  3. Nilai Artistik yang tinggi.
Tempat pagelaran dapat dilakukan didalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (out door). Kebutuhan tempat dapat disesuaikan dengan bentuk pagelaran. Jika memang tempat pagelaran direncanakan untuk menampung penonton yang banyak/ secara massal (bentuk konser), dapat dilakukan di luar ruangan. Sedangkan jika memang penonton dibatasi dengan tiket maupun dengan undangan (musik chamber / musik kamar), pagelaran dapat dilakukan didalam ruangan.
  1. Tujuan pagelaran
  1. Memberikan hiburan kepada masyarakat.
  2. Menumbuhkan motivasi untuk berkarya.
  3. Memperingati hari-hari besar
  4. Melestarikan budaya.
  5. Sebagai sarana apresiasi.
  6. Untuk kegiatan amal/sosial.
  1. Fungsi Pagelaran
Pagelaran mempunyai fungsi baik secara langsung maupun tidak langsung. Manfaat yang langsung adalah sarana untuk berkreasi diri. Sedangkan manfaat tidak langsung nya adalah dapat untuk mengembangkan dan menambah kehalusan budi pekerti. Fungsi pagelaran secara umum adalah sebagai berikut:
  1. sebagai sarana pengembangan bakat.
  2. sebagai media ekspresi.
  3. sebagai media apresiasi.
  4. sebagai media komunikasi.
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Buatlah sebuah even pagelaran musik sederhana dikelas dengan membentuk susunan kepanitiaan. Kemudian melengkapinya dengan proposal, jadwal kegiatan, susunan acara, publikasi, dan syarat-syarat lain yang dibutuhkan dalam mengadakan bentuk pagelaran musik.

komentar

Poskan Komentar

About

my logo

my logo

My Playlist

Pages

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini